Cegah Penularan Penyakit, Babinsa Ajak Warga Biasakan Menjaga Kebersihan 

Cegah Penularan Penyakit, Babinsa Ajak Warga Biasakan Menjaga Kebersihan 

CELOTEHRIAU-- Penting sekali bagi setiap individu untuk terus mengerti dan menerapkan langkah-langkah menjaga kebersihan lingkungan agar tidak  terjadi penyebaran penyakit, baik Covid-19 ataupun yang lain. 

Demikian dikatakan Babinsa Kelurahan Tanahdatar Serda Edy Priyanto Koramil 02 Kota saat melaksanakan komunikasi sosial (komsos)  dengan Ketua LPM Adrianto, Ketua RW 01 Yanurisman serta tokoh masyarakat dijalan Pangeran Hidayat Kelurahan  Tanahdatar Kecamatan Pekanbaru Kota, Kamis (14/1/2021).

"Setiap kita harus peduli terhadap kebersihan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Karena menjaga kebersihan lingkungan adalah sebagai upaya menurunkan risiko infeksi di dalam rumah," kata Serda Edy Priyanto.

Kata Babinsa berbagai cara harus dilakukan untuk mencegah penyakit.Salahsatunya ditengah pandemi saat ini, sepulang dari beraktivitas di luar, hindari langsung berkumpul dengan anggota keluarga untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam rumah. 

"Sebaiknya, setiap orang harus terlebih dahulu melakukan pembersihan diri.Seperti, melepas sepatu di luar rumah, membuang benda-benda atau sampah bawaan yang tidak perlu sebelum masuk ke rumah, menyemprot barang bawaan dengan disinfektan dan segera bersihkan diri dengan cara mencuci tangan, mandi, dan ganti baju bersih.

"Jika ada anggota keluarga yang sakit, idealnya harus menggunakan kamar mandi terpisah atau jadwalkan penggunaan kamar mandi dengan memprioritaskan yang sehat terlebih dahulu," pesannya.

Kemudian, sebut Babinsa jangan lupa lihat kebersihan lingkungan.Seperti pengelolaan sampah dengan baik.

" Jika ada anggota keluarga yang sakit, pastikan ada tong sampah khusus untuk menampung seluruh bekas atau sisa benda yang dipakai. Saat membuang sampah, pastikan untuk menggunakan sarung tangan sekali buang dan segera cuci tangan."

Kemudian lanjutnya, jangan membuang sampah sembarangan, memastikan tidak ada wadah tergeletak yang berpotensi mengundang jentik nyamuk. Selain itu, rajin memelihara kebersihan lingkungan secara keseluruhan, misalnya memastikan saluran pembuangan lancar, tidak ada timbunan debu.

"Hal ini penting demi menjaga kesehatan dan imunitas tubuh yang merupakan pelindung alami tubuh terhadap bahaya virus corona ataupun penyakit lainnya.Jadi selalu disiplin 4 M.Yakni, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan memakai masker setiap beraktifitas," tuturnya.

Ketua RW 01 Yanurisman mewakili warga Kelurahan Tanahdatar menyambut baik kunjungan Babinsa ke wilayah teritorial. Menurutnya dengan komunikasi sosial yang rutin dilakukan Babinsa selaku pembina teritorial bisa memberikan masukan dan mendapatkan solusi mengatasi sejumlah persoalan ditengah- tengah warga.

"Terimakasih atas pesan dan masukannya, semoga bermanfaat bagi warga dan pahala yang berlipat ganda buat bapak Serda  Edy Priyanto yang selalu peduli dan bersinergi dengan masyarakat," tutupnya.

 

 

#serba serbi

Index

Berita Lainnya

Index